Di Tengah Wabah Virus Covid-19, PMI Wonogiri Gandeng Kodim 0728/Wonogiri Kumpulkan Darah

By Humas PMI 13 Apr 2020, 20:31:12 WIB Artikel
Di Tengah Wabah Virus Covid-19, PMI Wonogiri Gandeng Kodim 0728/Wonogiri Kumpulkan Darah

Gambar : Petugas PMI Wonogiri mengecek kondisi pendonor sebelum diambil darah.


WONOGIRI-Seiring pandemi Virus Covid-19 belakangan ini, ketersediaan kantung darah di PMI Kabupaten Wonogiri terus menipis. Kondisi itu disebabkan berbagai, salah satunya dikarenakan imbas dari kebijakan social distancing.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dandim 0728/Wonogiri, Letkol (Inf) Imron Masyhadi, SE mengajak anggota Kodim 0728/Wonogiri untuk membantu PMI Kabupaten Wonogiri melaksanakan bakti sosial donor darah, Selasa (7/4).

Kegiatan digelar di Aula Makodim 0728/Wonogiri dan diikuti anggota Kodim 0728/Wonogiri, anggota Kanminvetcad IV/34 Wonogiri dan anggota Persit Kartika Candra Kirana Cabang XLIX Dim Wonogiri. Dandim menyatakan kegiatan donor darah bertujuan membantu PMI Wonogiri dalam penyediaan darah, khususnya dalam mengantisipasi pandemi Virus Covid-19.

Menurutnya, imbas dari kebijakan social distancing stok darah di PMI menipis. "Sementara di sisi lain, kebutuhan masyarakat akan darah masih cukup tinggi. Oleh karena itu, kegiatan ini penting dilaksanakan untuk membantu PMI," ujarnya.

Kepala UTD PMI Wonogiri, dr Heri Susanto menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Kodim 0728/Wonogiri yang telah menyumbangkan darahnya sehingga ketersediaan darah di PMI cukup. Dia menyatakan, selama Covid-19 terjadi pelaksanaan mobil unit tidak bisa dilakukan secara terjadwal karena pelaksanaannya harus memenuhi standar kebijakan. "Yakni tetap menjaga jarak/social distancing bagi pendonor dan sebelum atau sesudah pengambilan darah, pendonor disemprot disinfektan ke seluruh pakaiannya. Penyemprotan disinfektan juga dilakukan di alas tempat tidur guna mengantisipasi penularan Virus Covid-19." (Trianto/*)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment