Kegiatan #HUT74PMI
#HUT74PMI di PMI Kab. Wonogiri

By Humas PMI 09 Okt 2019, 16:03:24 WIB Rilist
Kegiatan #HUT74PMI

Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Wonogiri mengundang 10 pendonor aktif yang telah 100 kali lebih mendonorkan darahnya bagi masyarakat. Ke-10 pendonor itu merupakan akumulasi pendonor-pendonor beberapa tahun lalu.

 

Tahun 2019 ini, hanya seorang pendonor yang 100 kali mendonorkan darahnya sehingga mendapatkan piagam dan cincin dari Presiden. Yakni Agus Suharyanto, 51, warga Perum Siwani RT 02/08, Dusun Ngaliyan, Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Wonogiri.

Agus mendapatkan cincin dan piagam dari Presiden yang diberikan oleh anggota Dewan Kehormatan PMI Wonogiri, Ir Suprapto MM pada apel HUT ke-74 PMI Wonogiri, Selasa (17/9) di halaman Kantor PMI Wonogiri. Ikut dalam apel, anggota Dewan Kehormatan PMI, pengurus PMI Wonogiri, staf dan karyawan UTD dan Markas PMI serta sukarelawan.

Suprapto saat membacakan sambutan Ketua PMI Jateng, dr H Imam Triyanto, MPH, bercerita sebulan setelah kemerdekaan PMI dibentuk sehingga kumandang merdeka dari bencana, merdeka dari permasalahan kesehatan dan merdeka dari permasalahan sosial terwujud.

“Kenyataan, saat ini kemerdekaan masyarakat masih terhalang oleh berbagai peristiwa bencana, masalah kesehatan dan sosial. Di beberapa wilayah tanah air, masih banyak masyarakat yang terkena atau terancam dampak bencana, seperti gunung api, banjir, longsor, kekeringan, kebakaran dan kemiskinan.”

Jalan sehat HUT ke-74 PMI Wonogiri. (portalika.id/istimewa)

Sekda Wonogiri era Bupati Wonogiri, Begug Poernomisidi ini, menegakan tema HUT ke-74 PMI adalah Kita Tangguh Indonesia Maju. Dimaksudkan, ketangguhan PMI dan seluruh sukarelawan dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan akan membuat Indonesia maju. “Guna mencapai slogan itu, PMI melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan pengurangan risiki bencana. PMI juga harus mampu membangun kemampuan organisasi dan sumber daya manusia sehingga makin tangguh dan siap menghadapi bencana apapun,” ujarnya.

Selain itu, PMI harus terus meningkatkan dan mempererat kerjasama dengan para mitra, pemangku kepentingan, instansi lintas sektoral untuk bersama membangun masyarakat menjadi tangguh. Sedangkan, Sekum PMI Wonogiri, Drs Suparjo MM didampingi Kepala UTD PMI Wonogiri, dr Heri Susanto, mengatakan apel menjadi puncak peringatan HUT PMI Wonogiri. “Sebelumnya telah digelar kegiatan lomba memasak antar karyawan PMI, donor darah massal dan jalan sehat bersama pemeran Laksmini Film Saur Sepuh, Murti Sari Dewi, Minggu lalu dan tirakatan.”

Kepala UTD PMI Wonogiri, dr Heri Susanto menambahkan peserta donor darah sejumlah 400-an namun hanya 300-an yang terambil. “Seratusan pendonor gagal karena berbagai sebab seperti Hb rendah atau tensi tinggi. PMI Wonogiri di aksi donor darah massal kemarin menggunakan alat baru HbMeter untuk mengetahui Hb. Hasilnya cukup sensitif sehingga 100-an pendonor gagal donor. Syarat pendonor harus memiliki Hb 12,5 hingga 17.”

Ketua PMI Wonogiri, dr Dwi handoyo, MKes (kanan) memberi contioh menghaluskan bumbu di lomba memasak antarkaryawan PMI. (portalika.id/Trianto Hery Suryono)

Dia menyatakan 10 pendonor 100 kali lebih sengaja diundang untuk memotivasi generasi muda dalam berdonor. “Di Wonogiri setiap bulan mampu mengambil darah 1.000 kantong lebih. Kesadaran masyarakat dalam berdonor sudah tinggi sehingga muncul paguyuban-paguyuban pendonor di hampir 25 kecamatan di Wonogiri. PMI terkadang menolak mengambil darah karena tempat penyimpanan terbatas walau beberapa kali telah mengirimkan darah ke PMI Jateng,” jelasnya.

Menyinggung soal pendonor, dr Heri, mengatakan syaratnya dua bulan atau tiga bulan sekali. “Umur pendonor bisa lebih dari 60 tahun apabila telah rutin berdonor sejak remaja. Namun apabila baru sekali dan mendonorkan darahnya di usia 60 maka hanya sekali.”

Pendonor dr Hambyoko, paling banyak yakni 128 kali, guru SMA Negeri 1 Jatisrono, Drs Tarmanto MPd, telah mendonorkan darahnya sebanyak 107 kali. Kemudian Kentut Suharsono, telah mendonorkan darahnya sebnyak 115 kali. (Triantotus)

Sumber  Portalika.ID [WONOGIRI]-




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment