PMI Wonogiri Sediakan Menu Donor Komplit Selama Ramadan

By Humas PMI 23 Apr 2020, 22:29:57 WIB Artikel
PMI Wonogiri Sediakan Menu Donor Komplit Selama Ramadan

Gambar : Petugas PMI Wonogiri melakukan pengambilan darah di Polres Wonogiri beberapa waktu lalu. (Dok PMI Wonogiri)


WONOGIRI-Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Wonogiri menipis seiring pandemi Covid-19 pertengahan Maret 2020. Namun sepekan terakhir stok darah mulai cukup setelah petugas dari Unit Transfusi Darah (UTD) PMI melakukan mobilisasi donor.
Memasuki bulan Ramadan yang dimulai Jumat (24/4/2020) besuk, pengurus PMI Wonogiri memutar otak agar stok darah tetap mencukupi. Salah satu upayanya adalah menyediakan menu donor komplit dan berkoordinasi dengan kelompok masyarakat peduli untuk berdonor. "Tidak ada acara buka bersama pendonor seperti tahun-tahun lalu karena tidak diperbolehkan. Namun menu berbuka tetap disediakan bagi pendonor yang rela berdonor menjelang waktu berbuka. Ada menu donor komplit istilahnya," ujar Kepala UTD PMI Wonogiri, dr Heri Susanto.
Menu komplit tersebut sudah diputuskan pengurus sebagai apresiasi bagi pendonor di bulan Ramadan. "Menu donor tetap ada ditambah dengan suvenir dan menu berbuka disedialan bagi pendonor yang berpuasa," jelasnya.
Data stok darah, Kamis (23/4/2020) pukul 21.00 WIB sejumlah 369 cold terbagi atas golongan darah (goldar) A sebanyak 54 colf, goldar B sejumlah 136 colf, goldar AB sebanyak 38 colf dan goldar O sebanyak 132 colf. Stok tersebut sewaktu-waktu dapat berubah.
Dia menyatakan walau stok aman namun pihaknya tetap melakukan langkah-langkah antisipasi. Diakuinya sejak status pandemi Covid-19 dilakukan WHO, praktis layanan mobil unit berhenti. "Layanan pengambilan darah tidak bisa lagi turun ke lokasi-lokasi paguyuban pendonor di kecamatan, desa ataupun kelompok-kelompok masyarakat lain tetapi dilakukan di Kantor PMI Wonogiri."
Menurutnya protokol Covid-19 harus dilakukan jika paguyuban ingin mengadakan donor darah massal. Seperti ruang pendonor steril, pendonor dicek suhu badan, cuci tangan dan lokasi disemprot disinfekfan. (Suryono)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment