PMI Wonogiri Serahkan Bantuan Ke Pemilik Rumah Terbakar
Rumah Warga Jatibedug RT 05 RW 07, Desa Purworejo, Kecamatan Wonogiri ludes

By Humas PMI 04 Jun 2020, 19:11:56 WIB Artikel
PMI Wonogiri Serahkan Bantuan Ke Pemilik Rumah Terbakar

Gambar : Pengurus PMI Wonogiri Bidang Penanggulangan Bencana, Trianto Hery Suryono (baju putih, bertopi) menyerahkan bantuan uang dan higienis kit kepada pemilik rumah Simin disaksikan Sekcam Wonogiri, Agus Hatiadi (kanan). (Foto Daryanto)


WONOGIRI-Pengurus PMI Wonogiri menyerahkan bantuan kepada Simin, warga Dusun Jatibedug RT 05 RW 07, Desa Purworejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri yang ludes terbakar, Kamis (4/6/2020). Kerugian ditaksir senilai Rp 40 juta.
          Gabah tiga sak, beras 20 kilogram, uang tunaitdan peralatan rumah tangga terbakar. Saat kejadian tiga penghuni rumah pergi. Simin pergi menjajakan dagangannya arang sedangkan Tutik istrinya pergi ke ladang bersama seorang anaknya. Keluarga Simin sementara waktu mengungsi di rumah Sulastri, adiknya yang berdekatan dengan rumahnya.
          Asap diketahui kali pertama oleh Ayu, keponakan Simin yang rumahnya berdekatan. Ayu berteriak meminta tolong dan warga berdatangan melakukan pemadaman api. Sebagian warga yang lain memberitahu dan mencari pemiliknya.
Atas peristiwa itu, Pengurus Bidang Penanggulangan Bencana (PB) PMI Wonogiri, Trianto HS bersama Kasi Pelayanan PMI Wonogiri, Daryanto, Kamis, menyerahkan bantuan uang senilai Rp1 juta dan higienis kit berisikan perlengkapan mandi.
          "Dana yang dibantukan ini juga dana masyarakat yang dihimpun PMI melalui program Bulan Dana Kemanusiaan sehingga kembali ke masyarakat yang terkena musibah bencana," ujarnya.
          Bantuan diterima Sekcam Wonogiri Agus Hariadi dan diserahkan kepada pemilik rumah Simin didampingi istrinya, Tutik. Trianto berpesan agar bantuan dimanfaatkan memenuhi kebutuhan prioritas. Sekcam Wonogiri, Agus Hariadi mengapresiasi langkah pemerintah desa yang membentuk tim renovasi rumah korban. Menurutnya bantuan dari PMI bisa disatukan dengan bantuan lain dan dikelola oleh tim.
          "Peristiwa kebakaran rumah 1 Juni lalu. Api dipadamkan dua unit mobil pemadam kebakaran Wonogiri. Bantuan jangan diselewengkan atau digunakan bukan untuk keperluan. Saat ini yang utama dan pertama adalah renovasi rumah agar bisa ditempati lagi. Dana bantuan bisa digunakan renovasi dahulu," jelasnya.
          Kusen jendela, pintu dan genting sudah tersedia. Bahan bangunan itu bantuan dari dermawan Jatibedug. Tokoh masyarakat Jatibedug, Desa Purworejo, Kecamatan Wonogiri, Totok, menyatakan warga akan bergotong-royong merenovasi rumah Simin
          "Rencana teras rumah dimaksimalkan ke depan dan dibuatkan lincak untuk tongkrongan empat keluarga jika jenuh di dalam rumah."
          Renovasi mendapatkan bantuan dana desa program rehab rumah tak layak huni. Simin, bercerita saat kejadian dirinya sedang menjajakan arang dan tangga berbahan bambu sedangkan Tutik, istrinya pergi ke ladang berjarak ratusan meter dari rumah. "Jam delapan saya berangkat menjual arah dan jam sepuluh saya sudah kembali di rumah setelah mendapat kabar rumah kebakaran. Bangunan rumah sudah ludes terbakar. Begitu cepat," ujarnya. (Trianto)




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment